KOMUNIKASI DATA


JIKA INGIN MENDOUNLOWD FILE INI SILAHKAN KLIK  LINK DIBAWAH INI

 
 
KOMUNIKASI DATA

KATA PENGANTAR

 
Keanugrahan inspirasi dari Tuhan Yang Maha Esa menjadi kekuatan kepada Saya untuk menyelesaikan tugas ini. Oleh karena itu,tiada kata yang terindah selain ucapan syukur tak terhingga karena saya dapat menyelesaikan tugas ini yang berjudul "Komunikasi Data".

Dalam penulisan tugas ini tentunya saya tidak bekerja sendiri, melainkan banyak mendapat bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung dari berbagai pihak. Maka dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, khususnya kepada dosen mata kuliah Sistem Informasi Manajemen yang telah memberikan tugas mengenai materi Komunikasi Data sehingga saya lebih mengerti dan memahami bahwasanya komunikasi data itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam menyusun tugas ini, walaupun telah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya, namun demikian saya menyadari bahwa tugas ini masih jauh dari sempurna mengingat keterbatasan akan kemampuan, pengalaman dan pengetahuan saya.  Oleh karena itu saya mengharapkan saran-saran dan kritik yang bersifat membangun  dari pembaca, sehingga penulisan ini menjadi lebih baik lagi.

 
                                    Pekanbaru, Juli 2011

 

 
                                        Penulis

 
 
DAFTAR ISI

 
KATA PENGANTAR        2
DAFTAR ISI        3
BAB I    PENDAHULUAN        4
BAB II    PEMBAHASAN        6
    Komunikasi Data        6
  • Komponen dasar komunikasi data         7
  • Transmisi Komunikasi Data        8
    • Mode Transmisi        8
    • Metode Transmisi        8
    • Karakteristik        9
    • Bentuk Fisik        10
    • Macam-macam Saluran Transmisi        10
    • Gangguan Saluran Transmisi        10
  • Perangkat Keras Komunikasi Data        12
    • Media Komunikasi        12
    • DCCU        13
    • Terminal        13
    • Komputer        13
    • Multiplexer        14
    • Concentrator        14
  • Protokol dan Arsitek Jaringan        14
    • Komponen Protokol        14
    • Funsi Protokol        15
    • Susunan Protokol        15
    • Standarisasi Protokol        16
  • Local Area Network        17
  • Wide Area Network        18
  • Aplikasi Komunikasi Data        19
BAB III     KESIMPULAN        21
DAFTAR PUSTAKA        23


 
BAB I
PENDAHULUAN

 
Perekonomian dunia kini telah mulai beralih dari kegiatan melakukan produksi barang yang kelihatan dan dapat dipegang seperti makanan, barang industri, komputer dan sebagainya menjadi perekonomian berdasarkan informasi bahkan berdasarkan pengetahuan (knowledge based). Informasi yang semula tersimpan dalam bentuk kertas atau sejenisnya sekarang tersimpan dalam bentuk elektronik. Bentuk elektronik memungkinkan penyebarluasannya secara cepat selain pengolahannya secara mudah dan tepat. Informasi yang umum dipertukaran pada awalnya berbentuk pesan (message) yang seringkali berbentuk teks (misalnya surat, telegram, telex), kemudian didominasi oleh suara dengan timbulnya komunikasi telepon dan sekarang ini bergeser ke informasi yang umumnya digolongkan secara generik sebagai data. Informasi suara dipertukarkan melalui jaringan yang dirancang khusus untuknya jaitu jaringan telepon yang secara teknik disebut sebagai PSTN (Public Switched Telephone Network). Jaringan telepon merupankan jaringan yang terbesar dann terkompleks yang pernah dibuat oleh manusia sampai sekarang ini. Oleh karena itu jaringan lain yang dibangun kemudian seperti INTERNET dan jaringan data umum maupun korporat tetap memerlukan PSTN untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Seringkali jaringan PSTN diperlukan untuk membawa informasi bukan suara tadi ke pemakai ataupun dari pemakai ke pemakai lainnya. Jaringan yang sebenarnya bertugas membawa informasi suara sekarang dipergunakan unutuk membawa informasi lain (seperti data) secara elektronik ke tempat tujuannya.
Komunikasi data berkaitan dengan komunikasi mesin ke mesin seperti misalnya terminal ke komputer, dan komputer ke komputer. Sebagian besar mesin yang mempunyai kecerdasan menggunakan sinyal listrik digital maka komunikasi termudah juga menggunakan sinyal digital. Saat ini hampir segala macam informasi seperti misalnya suara, video, facsimile dan sebagainya telah disalurkan dengan menggunakan sinyal digital. Jaringan telekomunikasi pada umumnya telah menggunakan teknik digital. Para pakar telekomunikasi berusaha menyatukan segala macam layanan tersebut melalui satu jaringan terpadu pita lebar.
Komunikasi data merupakan gabungan 2 macam teknik yaitu teknik telekomunikasi dan teknik data processing. Seperti telah diketahui telekomunikasi ialah segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari satu tempat ke tempat yang lain, sedangkan data processing ialah segala kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan data. Kombinasi kedua teknik ini disebut sebagai komunikasi data atau kadang-kadang juga teleprocessing.
Komunikasi data merupakan teknologi yang menggabungkan aspek jaringan telekomunikasi dengan sistem komputer sehingga menambah nilai sistem komputer. Berbagai macam komputer dapat saling berkomunikasi dan memanfaatkan kemampuannya.

Secara umum Komunikasi data dapat dikatakan sebagai proses pengiriman informasi (data) yang telah diubah dalam suatu kode tertentu yang telah disepakati melalui media listrik atau elektrooptik dari satu lokasi ke lokasi yang lain.
Apabila lokasi yang saling berhubungan cukup banyak maka akan terbentuklah suatu jaringan komunikasi data. Jaringan ini cakupannya dapat internasional, nasional ataupun lokal.

 
 

 
BAB II
PEMBAHASAN

 
KOMUNIKASI DATA
Data merupakan bahan yang akan diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih mempunyai arti. informasi adalah hasil pengolahan data atau
hasil proses dari data tersebut. Sehingga kita bisa mengambil kesimpulan bahwasanya
Komunikasi data adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital. Komunikasi data merupakan baguan vital dari suatu masyarakat informasi karena sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkan komputer-komputer dapat berkomunikasi satu sama lain.
Tujuan komunikasi data antara lain:
  1. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar secara efesien tanpa kesalahan dan ekonomis dari satu tempat ketempat lain.
  2. Memngkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukungnya dari jauh (remote computer use)
  3. Memungkinkan penggunaan sistem komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mengdukung manajemen dalam hal kontrol (baik sentralisasi maupun desentralisasi)
  4. Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer.
  5. Mengurangi waktu untuk pengolaan data.
  6. Mendapat data langsung dari sumbernya (mempertinggi keandalan)
  7. Mempercepat penyebaran informasi.
  • KOMPONEN DASAR SISTEM KOMUNIKASI DATA
Untuk berlangsungnya komunikasi data diperlukan sedikitnya 3 komponen utama yaitu transmitter (pemancar), receiver (penerima) dan media penghubung untuk keduanya.

 ...........................................................................................................................................................................................( UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA KLIK DISINI ATAU DISINI)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. jangan lupa klik suka ya