ISLAMIC SOCIAL REPORT: DITINJAU DARI ASPEK CORPORATE GOVERNANCE STRENGTH, MEDIA EXPOSURE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN BERBASIS SYARIAH DI INDONESIA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Islamic social reporting adalah pelaporan sosial yang tidak hanya melibatkan
harapan secara holistik dari masyarakat mengenai peran perusahaannya tetapi juga
pada perspektif spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti
empiris mengenai pengaruh kekuatan tata kelola perusahaan, paparan media,
ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap sejauh mana pengungkapan islamic
social reporting dan dampaknya terhadap nilai perusahaan. Untuk mengukur
tingkat islamic social reporting, digunakan checklist yang telah dikembangkan
berdasarkan peraturan terkait dan penelitian terdahulu. Penelitian ini
menggunakan metode purposive sampling dari perusahaan yang terdaftar di
Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2012-2015. Ada 67 perusahaan yang
memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kekuatan tata kelola perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif
terhadap tingkat pelaporan islamic social report. Namun ukuran perusahaan
memiliki signifikansi negatif dan paparan media tidak berpengaruh signifikan
terhadap laporan sosial Islam. Sementara, ISR mampu memediasi hubungan
antara kekuatan tata kelola perusahaan, ukuran perusahaan dan profitabilitas
terhadap nilai perusahaan.

Kata kunci: islamic social reporting, perusahaan berbasis syariah, jakarta
islamic index

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. jangan lupa klik suka ya