Komunikasi Audit dalam tahapan Perencanaan Audit Internal

Perencanaan Audit

Komunikasi yang dilakukan auditor internal pada tahap perencanaan audit meliputi beberapa hal penting berikut ini:

  1. Berdiskusi dengan direktur utama dan komite audit terkait rencana audit tahunan. Tujuannya untuk menentukan fokus dan prioritas audit internal selama satu tahun ke depan sesuai arahan dan masukan dari manajemen puncak serta dewan.
  2. Melakukan analisis risiko untuk mengidentifikasi bidang, unit kerja, dan proses bisnis yang akan menjadi obyek audit. Risiko ini kemudian dikomunikasikan ke manajemen untuk mendapatkan tanggapan dan masukan.
  3. Menyusun program kerja audit tahunan yang berisi jadwal, anggaran, area/obyek audit, serta alokasi tim/auditor. Program ini disosialisasikan ke auditee dan pihak terkait lainnya.
  4. Berkoordinasi dengan auditor eksternal untuk berbagi info audit guna meminimalkan duplikasi dan mengoptimalkan cakupan audit.
  5. Melakukan survei awal dan berkomunikasi dengan unit yang akan diaudit terkait informasi latar belakang, tujuan audit, ruang lingkup, jadwal, data yang dibutuhkan, serta hal teknis lainnya.

Dengan perencanaan dan persiapan matang melalui komunikasi intensif dengan berbagai pihak terkait, diharapkan audit internal dapat berjalan efektif dan mencapai hasil optimal.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. jangan lupa klik suka ya