PROPOSAL PENGAJUAN DANA UNTUK KUNJUNGAN ANTAR UNIVERSITAS KE LUAR NEGERI



I.                  LATAR BELAKANG
Studi banding adalah salah satu kegiatan yang menjadi agenda rutin di setiap program studi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai program studi pada universitas yang lain melalui kegiatan-kegiatan seperti pengenalan atmosphere academic, tinjauan sistem akademis, kuliah umum, diskusi, peninjauan kepustakaan yang berkaitan dengan skripsi, dan budaya perkuliahan yang dilakukan dengan program studi yang sama di universitas yang lain.

Universitas yang menjadi pembanding adalah universitas yang dianggap memiliki kredibilitas yang lebih baik khususnya terhadap program studi yang bersangkutan. Hal ini dapat dinilai dari lama berdirinya program studi yang bersangkutan, kualitas lulusan (alumni), sarana dan prasarana perkuliahan, dan memiliki jaringan (link) yang baik sehingga memungkinkan alumninya untuk dapat diterima di dunia kerja.

Sebagai program studi yang masih butuh pengembangan, tentu saja program magister akuntansi di Universitas Riau masih memerlukan pembenahan diri, dan masih memerlukan acuan terhadap komponen-komponen seperti sistem perkuliahan, acuan penulisan skripsi, sarana dan prasarana yang diperlukan. Hal ini nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kualitas alumni dan akreditasi program studi yang berpatok pada hal-hal di atas. Pesatnya persaingan kerja dan kebutuhan tenaga kerja mayoritas dilihat dari akreditasi program studi yang bersangkutan tersebut, sehingga dapat disimpulkan studi banding dapat membantu mempercepat proses tersebut.

II.               TUJUAN DAN MANFAAT
Tujuan :
-          Mengetahui lebih mendalam mengenai kegiatan akademis di program studi yang bersangkutan, serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan mahasiswa dan dosen dalam kegiatan belajar mengajar.
-          Membantu mahasiswa dan dosen mengenai sistematika dan acuan penulisan tesis berstandar internasional
-          Mengajak mahasiswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan perkuliahan melalui kuliah umum, diskusi dan pengenalan kegiatan kampus lainnya.
-          Membuka jaringan baru (link) yang dapat membantu terciptanya kerja sama antar universitas di masa datang.
-          Menumbuhkan jiwa entrepreneur pada diri mahasiswa
-          Membuka peluang bisnis dan peluang ekspor produk UMKM daerah

Manfaat :
-          Mahasiswa dan dosen yang melakukan The International Cross Sharing College dapat mengadaptasi kegiatan perkuliahan untuk diterapkan di universitas asal, dan membantu pemenuhan sarana dan prasarana yang menunjang aktivitas pembelajaran.
-          Mahasiswa akan lebih terbantu dalam hal penulisan tesis karena adanya patokan penulisan, isi dan arah penulisan tesis yang selama ini belum dimiliki universitas asal.
-          Menambah khazanah pengetahuan terutama tentang disiplin ilmu yang diajarkan di program studi yang bersangkutan.
-          Terciptanya jiwa entrepreneur pada diri mahasiswa
-          Terwujudnya peluang binis dan peluang ekspor produk UMKM daerah


III.           NAMA KEGIATAN, WAKTU DAN TEMPAT
Nama Kegiatan                           :  The International Cross Sharing College

Tema Kegiatan                           :

                 Waktu/Tempat Kegiatan             : 25 Maret 2016
di-
    Universiti Utara Malaysia


Rincian Kegiatan                        :

·         Campus Orientation
Campus Orientation adalah kegiatan orientasi/pengenalan kampus oleh perwakilan mahasiswa himpunan departemen di kampus tujuan. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari, meliputi kegiatan ice breaking untuk saling mengenal antara mahasiswa, campus guiding yakni kegiatan mengenal lingkungan kampus misalnya bangunan perkuliahan, perpustakaan, tata usaha dan lain-lain.

·         General Lecturing and Discussion
Kegiatan ini meliputi kuliah umum yang dilakukan universitas tujuan terhadap universitas asal serta diskusi ilmiah yang berkaitan dengan kajian akademis ataupun disiplin ilmu yang dipelajari di program studi. Pematerinya berasal dari pihak universitas tujuan dan diiikuti baik oleh peserta juga dosen pendamping.

·         Library Contemplation
Merupakan kegiatan tinjauan perpustakaan yang lebih mendalam dan fokus terhadap penulisan skripsi. mahasiswa peserta akan dibantu untuk melihat bentuk-bentuk skripsi yang telah ada serta dapat berdiskusi mengenai penulisan skripsi misalnya bagaimana memilih fokus studi untuk penulisan skripsi, dan lain-lain.

·         Introduction to Campus Administration and Management System
Merupakan kegiatan pendalaman sistem administrasi dan manajemen yang diberlakukan di program studi yang dikunjungi. Hal ini akan membantu program studi asal untuk lebih mengenal sistem tersebut dan mengadaptasinya untuk keperluan akademis kampus asal.

·         UMKM Product Promotion
Merupakan kegiatan mengenalkan produk-produk UMKM yang berasal dari Riau yang berpotensi untuk dikembangkan agar membuka peluang ekspor serta menumbuhkan minat untuk melakukan kerja sama bisnis produk UMKM.

·         Enterpreneurship Visit
Kegiatan ini merupakan kunjungan ke tempat wirausaha yang ada di sekitar wilayah kampus. Diutamakan usaha yang dikelola oleh wirausahawan muda yang ada di daerah tersebut, sehingga mampu menambah pengetahuan wirausaha mahasiswa
·         Farewell Party
Kegiatan Perpisahan yang dilakukan antar universitas tujuan dengan universitas asal. Kegiatan ini dilakukan di hari terakhir rangkaian kegiatan studi banding. Dilaksanakan dengan pemberian kenang-kenangan antar univeristas.
·         Mini-Workshop
Kegiatan yang dilakukan setelah seluruh peserta studi banding kembali ke universitas asal dengan mengadakan workshop yang meliputi sosialisasi seluruh kegiatan dan informasi dari studi banding.

Rundown Kegiatan               :
Sabtu, 25 Maret 2017
No.
Waktu Kegiatan
Tempat
Rangkaian Kegiatan
1.



2.




3.
07.30-08.30



10.30-11.30




11.30-17.00




Universitas Riau



Bandar Sultan Syarif Kasim II






Seluruh peserta kegiatan berkumpul



Keberangkatan menuju Kuala Lumpur




Menuju ke Penginapan




Minggu, 26 Maret 2017
No.
Waktu Kegiatan
Tempat
Rangkaian Kegiatan

1.


2.


3.


4.


5.


6.


7.


8.


9.


10.


11.


12.
05.00-06.00


06.30-08.00


08.00-09.00


09.00-11.00


11.00-12.00


12.00-13.00


13.00-17.00


17.00-18.00


18.00-19.00


19.00-20.00


20.00-22.00


22.00-05.00
Penginapan


Penginapan


Penginapan


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Penginapan


Penginapan


Penginapan


Penginapan
Ibadah seluruh peserta


Persiapan peserta, sarapan pagi


Persiapan keberangkatan


Penyambutan peserta studi banding UUM


Campus Orientation


Sholat, Break


Campus Orientation


Persiapan pulang menuju Mess


Istirahat, Sholat


Makan Malam


Evaluasi Kegiatan


Istirahat


Senin, 27  Maret 2017 :
No.
Waktu Kegiatan
Tempat
Rangkaian Kegiatan
1.


2.


3.


4.


5.


6.


7.


8.


9.


10.


11.


12.


13.

14.

15.
05.00-06.00


06.30-08.00


08.00-09.00


09.00-09.30


09.30-10.30


10.30-12.00


12.00-13.00


13.00-15.00


15.00-15.15


15.15-15.30


15.30-16.30


16.30-18.00


18.00-19.30

19.30-21.30

21.30-05.00
Penginapan


Penginapan


Penginapan


Penginapan


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Penginapan

Penginapan

Penginapan

Ibadah seluruh peserta


Persiapan peserta


Seluruh peserta kegiatan berkumpul, sarapan pagi

Persiapan keberangkatan


Perjalanan dan tiba di fakultas


Kuliah Umum


ISHOMA


General Lecturing and Discussion


Break


Persiapan pulang menuju Penginapan


Perjalanan pulang menuju Mess


Istirahat, Sholat


Sholat, Makan Malam

Evaluasi Kegiatan

Istirahat

                       


Selasa, 28 Maret 2017
No.
Waktu Kegiatan
Tempat
Rangkaian Kegiatan
1.


2.


3.



4.


5.



6.



7.



8.



9.



10.



11.



12.



13.


14.




05.00-06.00


06.30-08.00


08.00-09.00



09.00-09.30


09.30-10.30



10.30-12.00



12.00-13.00



13.00-15.00



15.00-15.30



15.30-16.30



16.30-18.00



18.00-19.30



19.30-21.30


21.30-05.00

Penginapan


Penginapan


Penginapan



Penginapan


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Penginapan


Penginapan



Ibadah seluruh peserta


Persiapan peserta


Seluruh peserta kegiatan berkumpul, sarapan pagi


Persiapan keberangkatan


Perjalanan dan tiba di fakultas


Introdction to Campus Administration and Management System

ISHOMA


Campus Library Contemplation 


Break


Perjalanan pulang menuju Mess


Istirahat, Sholat


Sholat, Makan Malam


Evaluasi Kegiatan


Istirahat


Rabu, 29 Maret 2017
No.
Waktu Kegiatan
Tempat
Rangkaian Kegiatan
1.


2.


3.


4.


5.


6.



7.


8.

9.


10.


11.


12.


13.


14.

05.00-06.00


06.30-08.00


08.00-09.00


09.00-09.30


09.30-12.00


12.00-13.00


13.00-16.00


16.00-16.30


16.30-17.30


17.40-18.00


18.00-19.00


19.00-20.00


20.00-22.00


22.00-05.00
Penginapan


Penginapan


Penginapan


Penginapan


Universitas


Universitas


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Fakultas/Program Studi


Penginapan


Penginapan


Penginapan


Penginapan


Ibadah seluruh peserta


Persiapan peserta


Seluruh peserta kegiatan berkumpul, sarapan pagi

Persiapan keberangkatan


Enterpreneurship Visit


ISHOMA


Enterpreneurship Visit


Sholat, Coffee Break


Friendly Match


Perjalanan pulang menuju Mess


Istirahat, Sholat


Makan Malam


Evaluasi Kegiatan


Istirahat





Kamis, 30 Maret 2016
No.
Waktu Kegiatan
Tempat
Rangkaian Kegiatan
1.


2.


3.



4.


5.


6.


7.


8



9.



10



05.00-06.00


06.30-08.00


08.00-09.00



09.00-09.30


09.30-12.00


12.00-13.00


13.00-15.00


15.00-16.00



16.00-18.00



18.00-19.00
Penginapan


Penginapan


Penginapan



Fakultas/ Prodi


Fakultas/ Prodi


Fakultas/ Prodi


Penginapan


Penginapan



Penginapan



Bandara
Ibadah


Persiapan peserta


Seluruh peserta kegiatan berkumpul, sarapan pagi


Persiapan keberangkatan


Farewell Party


ISHOMA


Packing


Pengecekan akhir seluruh peserta dan berkumpul


Keberangkatan menuju bandara



Kepulangan peserta




IV.           SUSUNAN KEPANITIAAN
PELINDUNG                              : ......................................................
PEMBIMBING                            : .....................................................
KETUA PANITIA                       : .....................................................
SEKRETARIS PANITIA            : .....................................................
BENDAHARA PANITIA           : .....................................................

SEKSI ADMINISTRASI DAN KESEKRETARIATAN :
-          .....................................................
-          .....................................................

SEKSI TRANSPORTASI :
-          .....................................................
-          .....................................................

SEKSI DANA :
-          .....................................................
-          .....................................................


 V.                SELURUH PERSERTA KEGIATAN

NO
NIM
NAMA MAHSISWA
1
....................
....................
2
....................
....................
3
....................
....................
4
....................
....................
5
....................
....................
6
....................
....................
7
....................
....................
8
....................
....................
9
....................
....................
10
....................
....................
11
....................
....................
12
....................
....................
13
....................
....................
14
....................
....................
15
....................
....................
16
....................
....................
17
....................
....................
18
....................
....................
19
....................
....................
20
....................
....................
21
....................
....................
22
....................
....................




 I.           ANGGARAN

ANGGARAN BIAYA STUDI KE UNIVERSITAS UTARA MALAYSIA
No
Item Pengeluaran
 Harga Satuan @
 Qnt
 Satuan
 Jumlah
A
Transportasi
1
Pesawat Pulang pergi (Pku-Kl, KL-Pku)
 Rp      1.500.000
22
Orang
 Rp    25.000.000
2
Biaya Penginapan
 Rp          500.000
15
Kamar
 Rp      7.500.000
3
Transportasi (KL Airport – UUM)
 Rp          200.000
22
Orang
 Rp      4.400.000
Jumlah 1



 Rp    36.900.000
B
Kesektretariatan
1
Seragam Studi Peserta
 Rp          300.000
22
Helai
 Rp      6.600.000
2
Seragam Studi Pendamping
 Rp          300.000
3
Helai
 Rp          900.000
3
ID Card
 Rp            10.000
22
Buah
 Rp          220.000
4
Spanduk
 Rp          200.000
3
buah
 Rp          600.000
5
Alat tulis (pena, note book, tas dll)
 Rp          100.000
2
paket
 Rp          200.000
Jumlah 2



 Rp      8.520.000
C
Konsumsi  
1
Konsumsi selama 5 hari
 Rp      1.000.000
25
orang
 Rp    25.000.000





 Rp                        -
Jumlah 3



 Rp    25.000.000
D
Lain-lain
1
Produk UMKM



 Rp      3.000.000
2
Cendramata
 Rp          500.000
1

 Rp          500.000
3
Biaya tak terduga
 Rp      5.000.000


 Rp      5.000.000
Jumlah 4



 Rp      8.500.000
TOTAL (1+2+3+4)
 Rp    78.920.000



Perkiraan Pendapatan :
-          Uang Pribadi Peserta dan Panitia @1.000.000,- x 22 orang              Rp. 22.000.000
-         Sumbangan dan Sponsor                                                                    Rp. 56.920.000
Total Perkiraan Pendapatan                                                           Rp. 78.920.000
                                                                                                                                 

                  Dana Yang Dibutuhkan :
               Perkiraan dana yang dikeluarkan-Perkiraan dana yang didapatkan
      = Rp. 78.920.000-Rp.22.000.000
      = Rp. 56.920.000

VII.        PENUTUP
Demikianlah proposal ini diperbuat agar mendapat perhatian dari pihak-pihak yang berkepentingan. Besar harapan kami bahwa kegiatan ini akan mendapat dukungan penuh sebagai bentuk komitmen bersama dalam mengembangkan dan memajukan iklim intelektualitas akan pengetahuan mengenai materi perkuliahan, sistem akademis perkuliahan serta wirausaha di kalangan mahasiswa.



  

Panitia Pelaksana Kegiatan The International Cross Sharing College
Program Magister Akuntansi 2017

                 Ketua                                                                                           Sekretaris

       


     ....................                                                                                 ....................   
      NIM. ....................                                                                           NIM. ....................


PEMBIMBING



Nama                           
NIP...............................



Diketahui Oleh,
KETUA PROGRAM STUDY
         





Nama                            
NIP.                              





PROPOSAL PENGAJUAN DANA UNTUK  KUNJUNGAN ANTAR UNIVERSITAS KE LUAR NEGERI


1 komentar:

Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. jangan lupa klik suka ya