• Top Menu
  • Daftar Isi
  • Disclaimer
  • Terms of Service
  • Privacy Policy

DATA KULIAH

collection of database on jobs and education

  • BERANDA
  • MATERI
    • Akuntansi dan Pajak
    • Ekonomi dan Bisnis
    • Aplikasi dan Program Akuntansi
      • Dounlowd Aplikasi
      • Tutorial
    • IPS
    • PKN dan KWN
    • POWERPOINT
    • KUMPULAN SOAL
    • MAPPING
  • JOB
    • INVESTASI
    • LOWONGAN KERJA
    • SURAT DAN PENGURUSAN IZIN
    • TIPS DAN TRIK
    • DESAIN CURRICULUM VITAE
  • JURNAL PENELITIAN
    • PAJAK
    • AUDIT
    • AKUNTANSI KEUANGAN
    • AKUNTANSI MANAJEMEN
    • AKUNTANSI SYARIAH
  • EBOOK
    • BUKU PELAJARAN SD
    • BUKU PELAJARAN SMP
    • BUKU PELAJARAN SMA
    • BUKU MATA KULIAH
    • BUKU LAIN-LAIN
  • PRODUK DAN INFO LAINNYA
    • PRODUK
    • INFO BEASISWA
    • INFO LOMBA
    • INFO WEBINAR/PELATIHAN
  • PASANG IKLAN
  • KONTAK KAMI
    • YOUTUBE
    • FACEBOOK
    • TWITTER
    • INSTAGRAM

kajian serta analisi mengenai annual report Permata Bank




(kajian serta analisi mengenai annual report Permata Bank)

DISUSUN



OLEH

NUR FARIDA
1002120505



A K U N T A N S I
FAKULTAS  EKONOMI
UNIVERSITAS RIAU
Semester 3

 





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR......................................................................................................      
PROFIL PERUSAHAAN................................................................................................       
Industri dan lingkungan eksternal...................................................................................       
Operasi dan proses bisnis..................................................................................................       
Manajemen dan tata kekolah perusahaan......................................................................       
Tujuan dan strategi perusahaan......................................................................................       
Pengukuran dan kinerja...................................................................................................       





PROFIL PERUSAHAAN


PermataBank Tower I
Jl. Jend. Sudirman Kav. 27
Jakarta 12920, Indonesia
Tel 62 21 523 7899
Fax 62 21 523 7253
www.permatabank.com


SEKILAS PERMATABANK

PermataBank dibentuk sebagai hasil merger dari 5 bank di bawah pengawasan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), yakni  PT Bank Bali Tbk, PT Bank Universal Tbk, PT Bank Prima Express, PT Bank Artamedia, dan PT Bank Patriot pada tahun 2002. Di tahun 2004, Standard Chartered Bank dan PT Astra International Tbk mengambil alih PermataBank dan memulai proses transformasi secara besar-besaran di dalam organisasi. Selanjutnya, sebagai wujud komitmennya terhadap PermataBank, kepemilikan gabungan pemegang saham utama ini meningkat menjadi 89,03% pada tahun 2010.
Kombinasi unik dari kedua pemegang saham strategis merupakan salah satu kekuatan utama PermataBank. PT Astra International Tbk merupakan perusahaan Indonesia yang besar dan memiliki pengalaman kuat di pasar domestik. Standard Chartered Bank merupakan bank terkemuka dengan keahlian dan pengalaman global.
Sejalan dengan pertumbuhannya, PermataBank berkomitmen untuk meningkatkan pangsa pasarnya dan membangun reputasi sebagai bank dengan kualitas layanan terbaik. PermataBank akan melanjutkan tekadnya untuk membentuk tim manajemen yang handal dan profesional, mendedikasikan diri pada warna kepemimpinan yang lebih proaktif dalam rangka membangun pertumbuhan yang berkesinambungan. Dengan memberdayagunakan kekuatan-kekuatan utama, PermataBank yakin dapat mencapai aspirasi menjadi penyedia layanan keuangan yang terbaik bagi para nasabah dan stakeholders.
Pada tahun 2010, PermataBank secara substansial meningkatkan pinjamannya sekaligus meningkatkan permodalannya melalui penerbitan obligasi subordinasi dan Penawaran Umum Terbatas. Di akhir tahun, PermataBank mengakuisisi PT GE Finance Indonesia dalam rangka meningkatkan bisnis kartu kredit.
Dengan 276 kantor (termasuk kantor pusat, kantor cabang, kantor cabang pembantu, kantor kas dan cabang Syariah), 236 office channeling Syariah, 628 ATM milik sendiri yang tersebar di seluruh Indonesia dan akses terhadap lebih dari 40.000 ATM yang terhubung dengan Visa Plus, Visa Electron, MasterCard, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima, PermataBank yakin akan dapat meningkatkan komitmen untuk menyediakan solusi inovatif yang dapat menjawab kebutuhan finansial nasabah PermataBank.



VISI DAN KOMITMEN TERHADAP STAKEHOLDER

Visi
Pelopor dalam memberikan solusi finansial yang inovatif

Komitmen Terhadap Stakeholder
•       Nasabah
Berkomitmen untuk melebihi ekspektasi customer
•       Karyawan
Berinvestasi pada SDM dan memungkinkan mereka untuk belajar dan bertumbuh dalam membuat perbedaan
•       Masyarakat
Bertanggung jawab dan berkomitmen pada komunitas
•       Pemegang Saham
Memberikan kinerja superior dan menguntungkan serta meningkatkan bisnis yang berkelanjutan
•       Regulator
Menjadi teladan dalam tata kelola perusahaan dan standar etika dalam melakukan bisnis


Industri dan lingkungan eksternal
Bisnis utama yang dilakukan oleh PermataBank yaitu menyediakan para nasabahnya serangkaian lengkap produk berupa simpanan, wealth management dan pinjaman. Terdapat 19 tipe resiko dalam melakukan kegiatan perusahaan yang dibagi menjadi 2 yaitu:
v Non Operasional:
1.  Risiko Kredit
Karena permata bank merupakan badan usaha simpan pinjam yang memberikan kredit, resiko yang dihadapi perusahaan adalah kredit yang tidak tertagih.
Pencegahan yang dilakukan perusahaan dalam mengurangi resiko adalah pada pemisahan fungsi risiko dan fungsi pengembangan bisnis dalam memproses persetujuan kredit untuk setiap segmen usaha. Hal ini menjamin kemandirian fungsi risiko dari fungsi origination dan penjualan. Sedangkan jika terjadi suatu permasalahan maka penyelesaian rekening bermasalah melalui penagihan, pengambilalihan agunan, restrukturisasi, menjual aset kredit, dan litigasi, serta mengelola secara optimal semua aset yang diambilalih. Dari sudut pandang organisasi, aktiva yang bermasalah dikelola secara terpisah dari unit Bisnis.

2.  Risiko Pasar
Risiko potensi kerugian pasar ialah terjadinya pergerakan yang kurang menguntungkan dalam suku bunga, harga dan volatilitas pasar.
Solusi yang ditawarkan perusahaan ialah melakikan pengukuran dengan menggunakan metodologi VaR yang  melakukan pengendalian dan pemantauan terhadap limit secara harian dan dilaporkan kepada manajemen senior.

3.  Risiko Likuiditas
PermataBank memiliki kebijakan untuk menjaga likuiditas yang memadai di setiap saat, untuk semua mata uang, untuk memenuhi semua kewajiban yang jatuh tempo.
PermataBank mengelola risiko likuiditasnya baik dalam jangka pendek maupun jangka menengah.


4.  Risiko Negara (Lintas Batas)
Risiko negara tergantung pada limit risiko negara yang berlaku. Risiko negara dapat berasal dari pinjaman yang diberikan, simpanan berbunga pada bank lain, trade dan tagihan lainnya, aksep, sertifikat deposito dan surat kredit dan surat berharga lainnya dimana nasabah adalah penduduk di negara selain Indonesia. Risiko negara juga dapat berasal dari eksposur kepada penduduk lokal melalui kredit berdenominasi mata uang asing.

5.  Risiko Permodalan
PermataBank memiliki komitmen untuk menjaga tingkat kecukupan modal diatas ketentuan Bank Indonesia, untuk mendukung pertumbuhan usaha, mengantisipasi kesempatan bisnis yang ada dan menjaga PermataBank dari potensi risiko usaha.
Pengelolaan risiko permodalan berfokus pada memastikan bahwa PermataBank taat terhadap regulasi terkait kecukupan modal, memastikan struktur modal yang efisien dan secara berkelanjutan memperkuat modal inti.

6.  Risiko Reputasi
Risiko reputasi timbul dari kegagalan untuk bertindak sebagai bisnis yang bertanggung jawab, dan dengan demikian gagal untuk memenuhi standar kinerja atau perilaku  standar yang diamanatkan oleh Direksi dan Dewan Komisaris dan diharapkan oleh key stakeholders PermataBank.
Kebijakan PermataBank bahwa perlindungan atas reputasi PermataBank harus memperoleh prioritas di atas semua kegiatan lain sepanjang waktu, termasuk penciptaan pendapatan.

7.  Risiko Strategis
Risiko strategis adalah potensi kemungkinan kerugian karena kegagalan untuk mengoptimalkan potensi pendapatan dari PermataBank.
Di PermataBank, pengelolaan Risiko Strategis merupakan bagian yang melekat dan tidak terpisahkan dari tugas dan tanggung jawab utama dari Direksi. Pengelolaan tersebut dilakukan bersamaan dengan pengawasan dari Dewan Komisaris. Kebijakan ini berlaku pada PermataBank dan juga pada anak perusahaan dimana PermataBank memiliki kendali manajemen.

8.  Risiko Pensiun
PermataBank mempunyai kewajiban untuk membayarkan manfaat pensiun kepada karyawan yang telah mencapai usia pensiun. PermataBank tidak memiliki program pensiun khusus, sehingga bagi karyawan PermataBank yang mencapai usia pensiun berlaku ketentuan Undang Undang No. 13/2003.
Komite Sumber Daya Manusia dan Dana Pensiun memiliki tugas menentukan  kebijakan dan sasaran sumber daya manusia, menyetujui implementasi program-program remunerasi, memantau pelaksanaan kebijakan serta memberikan persetujuan  atas penyimpangan kebijakan sumber daya manusia PermataBank.


Operasional: 
Risiko operasional dikategorikan menjadi 10 Risk Control Area

1.       People Management,
2.       Technology Management,
3.       Vendor Management,
4.       Property Management,
5.       Security Management,
6.       Regulatory Compliance,
7.       Legal Processes,
8.       Accounting and Financial Control,
9.       Tax Management
10.   Corporate Authorities

Manajemen senior mengawasi manajemen risiko operasional  berdasarkan Kerangka Kerja Manajemen Risiko dan Assurance (ORMAF)

Resiko Kepatuhan

Risiko Kepatuhan meliputi risiko kerugian yang timbul dari kegagalan untuk mematuhi undang-undang, peraturan atau kode etik yang berlaku untuk industri jasa keuangan.
Risiko Kepatuhan pada PermataBank dikelola oleh Direktorat Compliance, yang bertanggung jawab untuk menetapkan dan mempertahankan kerangka kerja sesuai kebijakan kepatuhan regulasi dan prosedur.

Lingkungan eksternal permatabank terdiri dari :
1.     Nasabah
2.     Masyarakat
3.     Pemegang Saham
4.     Regulator


Operasi dan proses bisnis
 PEMEGANG SAHAM DAN PENGURUS BANK
Pemegang Saham (per 31 Desember 2010)
1.
PT Astra International Tbk
44,515%
2.
Standard Chartered Bank
44,515%
3.
Public
10,970%
Total
100,00%

Pengurus Bank 
Dewan Komisaris

Komisaris Utama
:
Raymond J. Ferguson
Wakil Komisaris Utama
:
Gunawan Geniusahardja
Komisaris Independen
:
Lukita D. Tuwo 
Komisaris Independen
:
I. Supomo
Komisaris Independen
:
David Allen Worth
Komisaris Independen
:
John A. Prasetio 
Komisaris Independen
:
A. Tony Prasetiantono 
Komisaris
:
Mark Spencer Greenberg
Komisaris
:
Ajay Chamanlal Kanwal

Direksi
Direktur Utama
:
David Martin Fletcher
Wakil Direktur Utama
:
Herwidayatmo
Direktur
:
Mirah Wiryoatmodjo
Direktur
:
Lauren Sulistiawati  
Direktur
:
Giridhar Srinivasaraghava Varadachari 
Direktur
:
Indri Koesindrijastoeti H.
Direktur
:
Timothy Utama
Direktur
:
Michael Coye
Direktur
:
Roy Arman Arfandy


Sumber-sumber utama pendapatan permatabank adalah pendapatan bunga
Pelanggan
Pemasok utama
Sumber pendanaan
Informasi mengenai pihak yang memiliki hubungan istimewa



Manajemen dan tata kekolah perusahaan

Struktur organisasi permatabank
 Akta Pendirian
No.228 tanggal 17 Desember 1954
Dibuat oleh : Eliza Pondaag pengganti dari
Raden Mas Soerojo, Notaris di Jakarta
BNRI No. 22 tanggal 18 Maret 1955, TBNRI No.292.
Perubahan Anggaran Dasar terakhir
1) Akta No. 41 tanggal 22 Mei 2009
Notaris : Benny Kristianto, SH
BNRI No.66 tanggal 18 Agustus 2009,
TBNRI No.676
2) Akta No.3 tanggal 1 Desember 2010,
Notary : Fathiah Helmi, SH
Surat Keputusan Menteri Hukum dan
Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
No. AHU-57094.AH.01.02.Tahun 2010
tanggal 6 Desember 2010
Surat Ijin Usaha Sebagai Bank Umum
No.19371/U.M.II. tanggal 19 Februari 1957
Menjadi Bank Devisa sejak 1 Juni 1956
Nomor Pokok Wajib Pajak
01.308.464.5-091.000
Tanda Daftar Perusahaan
No.09.03.1.65.25470 tanggal 8 Pebruari 2010

Kode etik
Kode Etik
Kode etik adalah panduan bagi karyawan PermataBank dalam bersikap dan berperilaku sesuai dengan prinsip-prinsip moral
atau nilai-nilai yang berisikan:
1. Mematuhi peraturan internal PermataBank, peraturan Bank Indonesia dan peraturan perundangan lainnya yang berlaku.
2. Menolak penyuapan dan korupsi.
3. Menghindari berkompromi karena hadiah dan hiburan.
4. Speak Up.
5. Mencegah pencucian uang dan fraud.
6. Menghindari benturan kepentingan.
7. Tidak bertransaksi ketika memiliki insider information.
8. Tidak melakukan mis-sell atau misrepresenting produk dan jasa PermataBank.
9. Cepat dan tanggap dalam menangani keluhan nasabah.
10. Menjaga kerahasiaan dan perlindungan informasi dan data.
11. Memperlakukan karyawan dengan adil.
12. Terbuka dan jujur kepada para regulator.
13. Sikap dan perilaku.
14. Penggunaan peralatan dan fasilitas PermataBank.
15. Aktivitas berpolitik.
Melalui Kode Etik diharapkan karyawan dapat selalu bersikap hati-hati saat menghadapi hal-hal yang berpotensi menimbulkan
risiko yang dapat merugikan perusahaan. (memiliki RiskAwareness). Pada bulan Juli 2010, semua karyawan wajib mengikuti refreshment program e-learning Kode Etik (Code of Conduct Refreshment), yang bertujuan untuk menyegarkan kembali  pemahaman akan isi dari Kode Etik dan turut menanamkan budaya kesadaran risiko di PermataBank, serta untuk memperbaharui komitmen semua karyawan PermataBank terhadap prinsip-prinsip yang disebutkan pada Kode Etik Perilaku Karyawan






Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas tentang :
Judul: kajian serta analisi mengenai annual report Permata Bank
Semoga informasi mengenai kajian serta analisi mengenai annual report Permata Bank bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa Komentar Anda sangat dibutuhkan, di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. jangan lupa klik suka ya

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

komentar

Translate

Video Youtube

Popular Posts

  • DAFTAR AKUN AKUNTANSI DALAM BAHASA INGGRIS DAN ARTINYA
  • CARA MENGISI SLIP SETORAN BANK
  • Surat Permohonan Perluasan Jaringan Listrik (PLN)
  • PROPOSAL PENGAJUAN DANA UNTUK KUNJUNGAN ANTAR UNIVERSITAS KE LUAR NEGERI
  • Surat Permohonan Appraisal
  • FORMAT KARTU HUTANG PIUTANG
  • UAS Ekonomi Manajerial
  • BERITA ACARA SERAH TERIMA KUNCI BANGUNAN ( BAST KUNCI & BANGUNAN )
  • SURAT PENUNJUKAN NOTARIS

Arsip Blog

  • ►  2024 (18)
    • ►  Mei (2)
    • ►  April (1)
    • ►  Maret (5)
    • ►  Februari (5)
    • ►  Januari (5)
  • ►  2023 (57)
    • ►  Desember (5)
    • ►  November (1)
    • ►  September (7)
    • ►  Agustus (2)
    • ►  Juli (4)
    • ►  Maret (23)
    • ►  Februari (15)
  • ►  2022 (113)
    • ►  November (1)
    • ►  Oktober (4)
    • ►  Juni (3)
    • ►  Mei (3)
    • ►  Maret (55)
    • ►  Februari (47)
  • ►  2021 (13)
    • ►  Desember (1)
    • ►  September (3)
    • ►  Juni (6)
    • ►  Mei (2)
    • ►  April (1)
  • ►  2020 (18)
    • ►  Desember (3)
    • ►  Agustus (1)
    • ►  Juli (2)
    • ►  Juni (11)
    • ►  Januari (1)
  • ►  2019 (630)
    • ►  Desember (5)
    • ►  November (4)
    • ►  Mei (3)
    • ►  Maret (1)
    • ►  Januari (617)
  • ►  2018 (364)
    • ►  Desember (251)
    • ►  November (4)
    • ►  Oktober (10)
    • ►  September (34)
    • ►  Agustus (2)
    • ►  Juli (8)
    • ►  Juni (1)
    • ►  Mei (5)
    • ►  April (12)
    • ►  Maret (20)
    • ►  Februari (11)
    • ►  Januari (6)
  • ▼  2017 (165)
    • ►  Desember (18)
    • ▼  November (66)
      • Soal Ujian Akhir Semester 1 PPKn kelas 9 bag. 1
      • NEGARA
      • PASAR
      • OTONOMI DAERAH
      • SOAL SNMPTN bagian 4
      • PETA
      • PP NOMOR 29 TAHUN 2014
      • EMAS , JENIS-JENIS EMAS , KADAR DALAM EMAS , DAN C...
      • SOAL SNMPTN bag. 3
      • PMK No.213/PMK.05/2013 TENTANG SISTEM AKUNTANSI DA...
      • PMK NO 171/PMK.05/2007 TENTANG SISTEM AKUNTANSI DA...
      • KONSEP DASAR MANAJEMEN PAJAK (STRATEGI PAJAK , MAN...
      • Penghindaran pajak secara Internasional
      • KERJASAMA ANTAR NEGARA
      • HUKUM
      • KUMPULAN SOAL SNMPTN BAG.2
      • PROSES SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL
      • PENDUDUK
      • Kumpulan soal soal snmptn
      • Prediksi soal SNMPTN tahun 2018 bag. 2
      • Prediksi soal SNMPTN 2018
      • GLOBALISASI
      • ELASTISITAS (elastisitas pemintaan dan elastisitas...
      • DOWNLOAD Regulasi Informasi Publik Direktorat Jend...
      • DOWNLOAD DAN LINK KEPUTUSAN MENTERI KEUANGAN TENTA...
      • DOWNLOAD UNDANG UNDANG MATERI EKONOMI
      • PERANG DUNIA 2 (Penyebab terjadinya perang dunia II)
      • NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG
      • Undang Undang Pajak Penghasilan
      • Sistem Pembendaharaan Negara
      • UNDANG UNDANG TENTANG EKONOMI TAHUN 2007-2017
      • SISTEM ANGGARAN (APBN & APBD)
      • SURAT PEMBERITAHUAN (SPT)
      • Independent Personal Service
      • Penyusutan, AMORTISASI, REVALUASI ASET TETAP dari ...
      • PPh Pasal 22
      • PPh Pasal 21
      • ASIMILASI
      • Deklarasi Djuanda
      • AWAL MASUKNYA JEPANG DI INDONESIA
      • SOAL OLIMPIADE AKUNTANSI
      • PENAWARAN (SUPPLY)
      • PERMINTAAN / DEMAND
      • CANDI
      • PENELITIAN SEJARAH (HISTORICAL RESEARCH)
      • PANCASILA
      • PEMBELAAN NEGARA
      • EKONOMI
      • SOSIOLOGI
      • IPS (ILMU PENGETAHUAN SOSIAL)
      • ENGLISH 1
      • Wawancara kerja dengan bahasa inggris
      • INTERPRETASI PERJANJIAN PENGHINDARAN PAJAK BERGAND...
      • TIPS PENGGUNAAN FUNGSI TOMBOL PADA KEYBOARD
      • Konsep Good Governance ppt
      • PENERAPAN GOOD GOVERNANCE
      • penerapan good governance untuk pelaksanaan dana desa
      • PAJAK INTERNASIOAL dalam Penghasilan Orang Pribadi...
      • Penghasilan Orang Pribadi dan penghasilan lainnya ...
      • KREDIT PAJAK LUAR NEGERI
      • PENGHASILAN ORANG PRIBADI
      • PEMERIKSAAN PAJAK DAN SANKI ADMINISTRASI
      • kajian serta analisi mengenai annual report Permat...
      • Sektor pengangkutan
      • KOMUNIKASI BISNIS ppt
      • PENGHASILAN TIDAK KENA PAJAK (PTKP)
    • ►  Oktober (62)
    • ►  September (12)
    • ►  Agustus (6)
    • ►  April (1)
  • ►  2016 (3)
    • ►  Maret (3)
  • ►  2012 (3)
    • ►  Desember (2)
    • ►  Oktober (1)
  • ►  2011 (2)
    • ►  Desember (2)

facebook

Laporkan Penyalahgunaan

Total Tayangan Halaman

d4t4 kul14h. Diberdayakan oleh Blogger.