ANALISIS EFEKTIVITAS DAN DAMPAK RANGKAP JABATAN DALAM PENINGKATAN KINERJA ORGANISASI PADA PT. HARTA AJEG LESTARI, DI KELURAHAN BANYUNING, KECAMATAN BULELENG

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan dampak dari adanya rangkap jabatan dalam peningkatan kinerja organisasi perusahaan pada PT. Harta Ajeg Lestari yang bergerak dibidang bisnis properti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung dari PT. Harta Ajeg Lestari dan beberapa literatur terkait dengan pengukuran kinerja. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Pemilihan informan pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu informan yang kriterianya dipilih oleh peneliti dianggap memahami masalah yang dikaji sebagaimana yang di rumuskan dalam pernyataan penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja organisasi pada PT. Harta Ajeg Lestari sudah berjalan cukup baik dan efektif walaupun beberapa pegawainya harus bekerja dengan merangkap jabatan, dan dampak yang di timbulkan dari adanya rangkap jabatan ini pun cukup positif.

Kata kunci: Efektivitas, Rangkap jabatan, dan Peningkatan kinerja

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan berbasis syariah
yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2013-2014. ISR merupakan indeks
pengungkapan tanggung jawab sosial yang indikatornya sejalan dengan prinsipprinsip
Islam. JII merupakan salah satu panduan investasi bagi reksadana syariah
untuk menempatkan dana dan bagi investor Muslim untuk berinvestasi pada efek
syariah. Dengan menggunakan JII sebagai perusahaan sampel, penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat
pengungkapan ISR. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran
perusahaan, profitabilitas, dan umur perusahaan. Data yang digunakan dalam
penelitian ini berupa laporan tahunan tiap perusahaan yang diperoleh melalui Bursa
Efek Indonesia dan hipotesis diuji menggunakan regresi linier berganda. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas mempunyai pengaruh positif
signifikan terhadap tingkat pengungkapan ISR. Akan tetapi, ukuran perusahaan dan
umur perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam tingkat
pengungkapan ISR.


Kata Kunci: Islamic Social Reporting, Jakarta Islamic Index, ukuran perusahaan,
profitabilitas, umur perusahaan

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN

ABSTRAK

GCG (Good Corporate Governance) merupakan suatu hal yang penting
dalam sebuah perusahaan. Perusahaan yang sudah terbukti memperhatikan sistem
organisasi tersebut akan cenderung memiliki sistem tata kelola yang baik pula.
Apabila hal tersebut sudah tercipta maka perusahaan dapat membina hubungan
yang baik dengan para stakeholder. Hubungan yang baik tersebut akan
menimbulkan kepercayaan yang tinggi dari para stakeholder sehingga diharapkan
berdampak pada peningkatan profitabilitas perusahaan. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui apakah GCG (Good Corporate Governance) memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. GCG dalam hal ini
di proksikan dengan ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris dan dan
komite audit. Sedangkan variabel profitabilitas diproksikan dengan ROE (Return
On Equity).
Populasi dari penelitian ini yaitu perusahaan-perusahaan yang terdaftar
pada Corporate Governance Perception Index (CGPI) tahun 2012. Metode
pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sehingga didapat jumlah
observasi sebanyak 58 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah
metode regresi linear berganda atau OLS (Ordinary Least Square).
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel dewan direksi
berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap ROE dan variabel komite
audit berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap ROE serta dewan
komisaris berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap ROE. Hasil
penelitian menunjukkan GCG tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas
perusahaan.


Kata kunci : corporate governance, dewan direksi, dewan komisaris, komite
audit, ROE

ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP BRAND AWARENES DAN CORPORATE REPUTATION BANK MANDIRI

ABSTRAK

Tujuan utama pengusaha adalah mencari keuntungan. Namun, tujuan
perusahaan yang lebih penting adalah perusahaan yang dijalankan harus
berkelanjutan. Oleh karena itu, perusahaan perlu melaksanakan tanggung jawab
sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tanggung jawab
sosial perusahaan dan reputasi perusahaan berpengaruh terhadap kesadaran merek
tabungan Bank Mandiri.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 108 responden yang merupakan
mahasiswa Undip yang memiliki rekening tabungan Bank Mandiri. Metode
analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial
perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek,
tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
reputasi perusahaan, serta reputasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kesadaran merek.


Kata Kunci: Tanggung jawab sosial perusahaan, reputasi perusahaan, kesadaran
merek.