Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan berbasis syariah
yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2013-2014. ISR merupakan indeks
pengungkapan tanggung jawab sosial yang indikatornya sejalan dengan prinsipprinsip
Islam. JII merupakan salah satu panduan investasi bagi reksadana syariah
untuk menempatkan dana dan bagi investor Muslim untuk berinvestasi pada efek
syariah. Dengan menggunakan JII sebagai perusahaan sampel, penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat
pengungkapan ISR. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran
perusahaan, profitabilitas, dan umur perusahaan. Data yang digunakan dalam
penelitian ini berupa laporan tahunan tiap perusahaan yang diperoleh melalui Bursa
Efek Indonesia dan hipotesis diuji menggunakan regresi linier berganda. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas mempunyai pengaruh positif
signifikan terhadap tingkat pengungkapan ISR. Akan tetapi, ukuran perusahaan dan
umur perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam tingkat
pengungkapan ISR.
Kata Kunci: Islamic Social Reporting, Jakarta Islamic Index, ukuran perusahaan,
profitabilitas, umur perusahaan