Abstrak
Islamic Social Reporting (ISR) merupakan bentuk tanggung jawab sosial suatu perusahaan
yang berkaitan dengan azas Islam. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis
pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada perbankan syariah di Indonesia
menggunakan Islamic Social Reporting Index (ISRI). Sampel yang digunakan adalah
seluruh perbankan syariah di Indonesia yang go publik dan mempunyai laporan tahunan
dari periode 2009-2011. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content
analys yakni identifikasi tanggung jawab sosial pada bank syariah menggunakan Islamic
Social Reporting (ISR) index terhadap laporan keuangan. Hasil analisis menunjukkan
bahwa bank Mega Syariah dan BRI Syariah memperoleh skor tertinggi dalam
pengungkapan tanggung jawab sosial, yaitu dengan mencapai prosentase masing-masing
per tahun sebesar 50.68%. Sedangkan hasil terendah terdapat pada bank Bukopin Syariah
dengan prosentase tiap tahunnya sebesar 45.21%. Hasil penelitian juga diperoleh bahwa
bentuk kegiatan tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh bank syariah di Indonesia
berfokus pada kegiatan sosial. Bentuk kegiatan sosial yang dilakukan oleh masing-masing
bank syariah tersebut berupa penyaluran zakat korporasi kepada sejumlah lembaga zakat,
pemberian bantuan sosial terhadap masyarakat / penduduk / rakyat yang kurang mampu,
pemberian bantuan pada pendidikan, pemberian bantuan kepada korban bencana,
pemberian bantuan kesehatan.
Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Islamic Social Reporting, Bank Syariah