Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Reputasi Perusahaan dan Kinerja Keuangan Perusahaan

Abstrak
Islamic Social Reporting (ISR) merupakan bentuk tanggung jawab sosial suatu perusahaan
yang berkaitan dengan azas Islam. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis
pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada perbankan syariah di Indonesia
menggunakan Islamic Social Reporting Index (ISRI). Sampel yang digunakan adalah
seluruh perbankan syariah di Indonesia yang go publik dan mempunyai laporan tahunan
dari periode 2009-2011. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content
analys yakni identifikasi tanggung jawab sosial pada bank syariah menggunakan Islamic
Social Reporting (ISR) index terhadap laporan keuangan. Hasil analisis menunjukkan
bahwa bank Mega Syariah dan BRI Syariah memperoleh skor tertinggi dalam
pengungkapan tanggung jawab sosial, yaitu dengan mencapai prosentase masing-masing
per tahun sebesar 50.68%. Sedangkan hasil terendah terdapat pada bank Bukopin Syariah
dengan prosentase tiap tahunnya sebesar 45.21%. Hasil penelitian juga diperoleh bahwa
bentuk kegiatan tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh bank syariah di Indonesia
berfokus pada kegiatan sosial. Bentuk kegiatan sosial yang dilakukan oleh masing-masing
bank syariah tersebut berupa penyaluran zakat korporasi kepada sejumlah lembaga zakat,
pemberian bantuan sosial terhadap masyarakat / penduduk / rakyat yang kurang mampu,
pemberian bantuan pada pendidikan, pemberian bantuan kepada korban bencana,
pemberian bantuan kesehatan.

Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Islamic Social Reporting, Bank Syariah

PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA TAHUN 2014-2016

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan jumlah dewan pengawas syariah terhadap Islamic Social Reporting bank syariah di Indonesia dan Malaysia selama periode tahun 2014-2016. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Islamic Social Reporting. Sedangkan variabel independennya adalah profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan jumlah dewan pengawas syariah.
Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh bank umum syariah.Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 12 unit Bank Syariah di Indonesia dan 15 unit Bank Syariah di Malaysia. Analisis data untuk menguji hipotesis digunakan regresi berganda (OLS).
Hasil penelitian menyatakan ukuran dewan komisaris berpengaruh dan signifikan terhadap islamic social reporting bank syariah di Indonesia dan malaysia. Selanjutnya, profitabilitas, leverage, dan jumlah dewan pengawas syariah tidak berperngaruh signifikan terhadap islamic social reporting.

Kata kunci: profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris, jumlah dewan pengawas syariah, Islamic social reporting, bank syariah

SHARIAH GOVERNANCE DALAM PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX DAN GLOBAL REPORTING INDEX PADA PERBANKAN SYARIAH PERIODE 2010-2013

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh shariah governance yang diukur dengan direksi bank syariah, Dewan Pengawas Syariah, dan komite audit terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting Index (ISRI) dan Global Reporting Index (GRI). Perbankan syariah saat ini masih menggunakan Social Reporting Index (SRI) dan juga Global Reporting Index (GRI). Penelitian ini membandingkan tingginya pengungkapan dengan indeks ISR dan GRI, untuk mengetahui indeks pengungkapan yang tepat digunakan oleh perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik regresi berganda (multiple regression) dan Independent Samples T-test. Hasil penelitian ini menemukan bahwa peran direksi bank syariah berpengaruh terhadap pengungkapan dengan ISRI, sedangkan dewan pengawas syariah berpengaruh dalam pengungkapan dengan menggunakan indeks GRI. Pada hasil independent samples T-test ditemukan bahwa pengungkapan dengan ISRI lebih tinggi dibandingkan dengan GRI. Implikasi dari penelitian ini adalah masih lemahnya shariah governance pada perbankan syariah di Indonesia selama periode penelitian 2010-2013, sehingga hal ini dapat menjadi masukan bagi perbankan syariah, Bank Indonesia dan dewan pengawas syariah.

PENGUNGKAPAN INDEKS ISLAMIC SOCIAL REPORTING PERUSAHAAN GO PUBLIK YANG LISTING DI JAKARTA ISLAMIC INDEX

Indeks Islamic Social Reporting (ISR) adalah suatu indeks yang mengukur tingkat pengungkapan sosial yang sesuai prinsip syariah yang disampaikan perusahaan pada laporan tahunannya. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis kualitas pelaporan sosial perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index (JII) dengan menggunakan indeks ISR. Penelitian ini bersifat deskriptif, yakni penelitian yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan hasil skoring indeks berdasarkan enam kriteria; Pendanaan dan Investasi, Produk dan Jasa, Karyawan, Masyarakat, Lingkungan, dan Tata Kelola Perusahaan. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengungkapan indeks ISR pada 28 perusahaan JII belum bisa dikatakan baik, yaitu 39.46% secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan masih adanya item-item indeks ISR yang belum diungkapkan secara penuh.

Kata Kunci: Pendanaan dan Investasi, Produk dan Jasa, Karyawan, Masyarakat, Lingkungan, Tata Kelola Perusahaan.

ISLAMIC SOCIAL REPORT: DITINJAU DARI ASPEK CORPORATE GOVERNANCE STRENGTH, MEDIA EXPOSURE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN BERBASIS SYARIAH DI INDONESIA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Islamic social reporting adalah pelaporan sosial yang tidak hanya melibatkan
harapan secara holistik dari masyarakat mengenai peran perusahaannya tetapi juga
pada perspektif spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti
empiris mengenai pengaruh kekuatan tata kelola perusahaan, paparan media,
ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap sejauh mana pengungkapan islamic
social reporting dan dampaknya terhadap nilai perusahaan. Untuk mengukur
tingkat islamic social reporting, digunakan checklist yang telah dikembangkan
berdasarkan peraturan terkait dan penelitian terdahulu. Penelitian ini
menggunakan metode purposive sampling dari perusahaan yang terdaftar di
Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2012-2015. Ada 67 perusahaan yang
memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kekuatan tata kelola perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif
terhadap tingkat pelaporan islamic social report. Namun ukuran perusahaan
memiliki signifikansi negatif dan paparan media tidak berpengaruh signifikan
terhadap laporan sosial Islam. Sementara, ISR mampu memediasi hubungan
antara kekuatan tata kelola perusahaan, ukuran perusahaan dan profitabilitas
terhadap nilai perusahaan.

Kata kunci: islamic social reporting, perusahaan berbasis syariah, jakarta
islamic index

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN

ABSTRAK
Penelitian ini menguji pengaruh good corporate governance terhadap
kinerja keuangan perusahaan. tata kelola perusahaan yang baik diidentifikasi oleh
proporsi komisaris independen, komite audit, kepemilikan manajerial dan
kepemilikan institusional, Indikator kinerja keuangan diukur dengan return on
equity (ROE).
Sampel yang digunakan 41 perusahaan manufaktur dari yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia pada periode 2011-2013. Sampel ditentukan dengan menggunakan
metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda
dan diproses menggunakan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara
proporsi komisaris independen dan kepemilikan institusional terhadap kinerja
keuangan. Namun tidak ditemukan bahwa komite audit dan kepemilikan
manajerial memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan.

ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2010-2016

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Islamicity Performance Index terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah periode 2010-2016.
Sampel yang digunakan adalah Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah, BRI Syariah, BCA Syariah dan BNI Syariah periode 2010-2016. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap ROA dan Islamicity Performance Index berpengaruh terhadap ROA bank umum syariah.

Kata kunci: corporate social responsibility, islamicity performance index, Return On Assets

PENGARUH PAJAK TANGGUHAN DAN RASIO PAJAK TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI DI INDONESIA

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pajak tangguhan dan rasio pajak terhadap peringkat obligasi.
Periode pengamatan dalam penelitian ini adalah lima tahun (2008-2012). Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar  di Bursa Efek Indonesia yang menggunakan jasa pemeringkatan PT PEFINDO. Kreteria sampel yang dipilih dengan menggunakan  metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis adalah analisis regresi logistik dengan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 17.0.
 Hasil penelitian ini menujukkan bahwa secara empiris  pajak tangguhan besar bernilai positif memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap peringkat obligasi. Sementara itu, pajak tangguhan besar bernilai negatif memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap peringkat obligasi. Sedangkan rasio pajak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peringkat obligasi. Hal ini menunjukkan bahwa pajak tangguhan dan rasio pajak dapat digunakan untuk mendeteksi peringkat obligasi.

Kata kunci    : pajak tangguhan, rasio pajak, peringkat obligasi


Analisis Pengaruh GCG dan Kinerja Keuangan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR)

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh good corporate governance dan kinerja keuangan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Islamic Social Reporting (ISR) merupakan indeks pengungkapan tanggung jawab sosial yang sesuai dengan prinsip syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index selama periode tahun 2011-2015. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 55 perusahaan. Pengungkapan ISR dilakukan dengan cara analisis konten melalui metode skoring dari laporan tahunan perusahaan. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji asumsi klasik serta pengujian hipotesis dengan metode regresi linier berganda, uji Adjusted R2, uji F, dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran komite audit, likuiditas dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan ISR. Sedangkan ukuran dewan komisaris dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR. 


Kata Kunci: Islamic Social Reporting (ISR), good corporate governance, kinerja keuangang, Jakarta Islamic Index

ANALISIS EFEKTIVITAS DAN DAMPAK RANGKAP JABATAN DALAM PENINGKATAN KINERJA ORGANISASI PADA PT. HARTA AJEG LESTARI, DI KELURAHAN BANYUNING, KECAMATAN BULELENG

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan dampak dari adanya rangkap jabatan dalam peningkatan kinerja organisasi perusahaan pada PT. Harta Ajeg Lestari yang bergerak dibidang bisnis properti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung dari PT. Harta Ajeg Lestari dan beberapa literatur terkait dengan pengukuran kinerja. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Pemilihan informan pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu informan yang kriterianya dipilih oleh peneliti dianggap memahami masalah yang dikaji sebagaimana yang di rumuskan dalam pernyataan penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja organisasi pada PT. Harta Ajeg Lestari sudah berjalan cukup baik dan efektif walaupun beberapa pegawainya harus bekerja dengan merangkap jabatan, dan dampak yang di timbulkan dari adanya rangkap jabatan ini pun cukup positif.

Kata kunci: Efektivitas, Rangkap jabatan, dan Peningkatan kinerja

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan berbasis syariah
yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2013-2014. ISR merupakan indeks
pengungkapan tanggung jawab sosial yang indikatornya sejalan dengan prinsipprinsip
Islam. JII merupakan salah satu panduan investasi bagi reksadana syariah
untuk menempatkan dana dan bagi investor Muslim untuk berinvestasi pada efek
syariah. Dengan menggunakan JII sebagai perusahaan sampel, penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat
pengungkapan ISR. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran
perusahaan, profitabilitas, dan umur perusahaan. Data yang digunakan dalam
penelitian ini berupa laporan tahunan tiap perusahaan yang diperoleh melalui Bursa
Efek Indonesia dan hipotesis diuji menggunakan regresi linier berganda. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas mempunyai pengaruh positif
signifikan terhadap tingkat pengungkapan ISR. Akan tetapi, ukuran perusahaan dan
umur perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam tingkat
pengungkapan ISR.


Kata Kunci: Islamic Social Reporting, Jakarta Islamic Index, ukuran perusahaan,
profitabilitas, umur perusahaan

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN

ABSTRAK

GCG (Good Corporate Governance) merupakan suatu hal yang penting
dalam sebuah perusahaan. Perusahaan yang sudah terbukti memperhatikan sistem
organisasi tersebut akan cenderung memiliki sistem tata kelola yang baik pula.
Apabila hal tersebut sudah tercipta maka perusahaan dapat membina hubungan
yang baik dengan para stakeholder. Hubungan yang baik tersebut akan
menimbulkan kepercayaan yang tinggi dari para stakeholder sehingga diharapkan
berdampak pada peningkatan profitabilitas perusahaan. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui apakah GCG (Good Corporate Governance) memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. GCG dalam hal ini
di proksikan dengan ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris dan dan
komite audit. Sedangkan variabel profitabilitas diproksikan dengan ROE (Return
On Equity).
Populasi dari penelitian ini yaitu perusahaan-perusahaan yang terdaftar
pada Corporate Governance Perception Index (CGPI) tahun 2012. Metode
pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sehingga didapat jumlah
observasi sebanyak 58 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah
metode regresi linear berganda atau OLS (Ordinary Least Square).
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel dewan direksi
berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap ROE dan variabel komite
audit berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap ROE serta dewan
komisaris berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap ROE. Hasil
penelitian menunjukkan GCG tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas
perusahaan.


Kata kunci : corporate governance, dewan direksi, dewan komisaris, komite
audit, ROE

ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP BRAND AWARENES DAN CORPORATE REPUTATION BANK MANDIRI

ABSTRAK

Tujuan utama pengusaha adalah mencari keuntungan. Namun, tujuan
perusahaan yang lebih penting adalah perusahaan yang dijalankan harus
berkelanjutan. Oleh karena itu, perusahaan perlu melaksanakan tanggung jawab
sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tanggung jawab
sosial perusahaan dan reputasi perusahaan berpengaruh terhadap kesadaran merek
tabungan Bank Mandiri.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 108 responden yang merupakan
mahasiswa Undip yang memiliki rekening tabungan Bank Mandiri. Metode
analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial
perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek,
tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
reputasi perusahaan, serta reputasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kesadaran merek.


Kata Kunci: Tanggung jawab sosial perusahaan, reputasi perusahaan, kesadaran
merek.